saraf kejepit

Seputar Saraf Kejepit

Saraf kejepit biasa dikenal dengan istilah HNP kepanjangan dari Hernia Nucleus Pulposus (HNP). Saraf kejepit biasanya terjadi karena adanya gangguan pada tulang belakang, lebih tepatnya pada bagian bantalan tulang belakang. Ok pada kesempatakan kali ini kita akan bahas terkait saraf kejepit seperti dibawah ini:

1. Apa itu saraf kejepit?
2. Mengenal gejala saraf kejepit


Konsultasi

saraf terjepit

Mengenal saraf Kejepit

Sistim saraf secara natural ada dalam setiap bagian tubuh kita, mulai dari sistem pernafasan yang ada dalam diri kita, kemudian mengkontrol otot-otot tubuh, sampai merasakan sensasi panas dan dingin, baik dari luar maupun dalam tubuh.

Berdasarkan pendekatan anatomi, saraf manusia dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu; saraf motoric,saraf autonomic,dan saraf sensorik. Oleh karena itu karena pentingnya sistim saraf pada tubuh kita, bilamana terjadi sedikit saja nyeri saraf atau misalnya kerusakan saraf, pastinya hal ini akan sangat menganggu kualitas hidup kita.Salah satu gangguan saraf yang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia adalah saraf kejepit pada tulang belakang.

saraf kejepit dapat disebabkan oleh adanya kompresi (tekanan) pada saraf tulang belakang. Tekanan pada saraf tulang belakang ini dapat terjadi saat melakukan gerakan tertentu secara berulang atau pada kondisi lain seperti saat posisi duduk dalam waktu yang cukup lama atau saat tidur dalam posisi tertentu.

Penekanan terhadap saraf tulang belakang yang sensitif ini dapat disebabkan oleh jaringan tubuh lain seperti diantaranya; ligament, tendon, tulang. Sebagai contoh adanya inflamasi pada saraf yang keluar dari rongga tulang belakang dappat menyebabkan nyeri di daerah pinggang atau bokong. Karena masih berhubungan dengan saraf-saraf yang ada di bagian leher, gejala nyeri yang dirasakan pasien juga mungkin menjalar hingga leher itu sendiri, bahu bahkan hingga lengan Anda atau dikenal dalam dunia kedokteran sebagai servikal radikulopati. Jika penekanan saraf tulang belakang terjadi di tulang lumbar, Anda mungkin mengalami nyeri menjalar dari pinggang, paha, betis hingga telapak kaki dalam dunia kedokteran dikenal sebagai lumbar radiculopathy atau nyeri saraf sciatic.


Konsultasi

Gejala saraf kejepit

Tanda dan gejala saraf kejepit seperti halnya nyeri, kebas dan kelemahan bagian tubuh tertentu hadir ketika tulang, bantalan tulang belakang menekan saraf. Seperti contoh saat bantalan tulang belakang pecah atau menonjol, yang dalam dunia kedokteran disebut sebagai herniated disc/ herniated nucleus pulposus.

Dapat juga disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang tidak normal, sehingga mempersempit ronga saraf tulang belakang.
Penekanan pada saraf tulang belakang di leher, juga memungkinkan terjadinya gejala seperti kebas, kesemutan, pembengkakan, rasa tidak nyaman hingga nyeri sampai kedaerah pundak, tangan, lengan, jari-jari tangan, dan telapak tangan. Meski demikian gejala seperti ini juga dapat mengarah ke beberapa kondisi kesehatan lain seperti diantaranya neuropathy perifer, sindroma carpal tunnel, dan tennis elbow.
Saat penekanan saraf terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, tidak menutup kemungkinan akan terjadi penurunan kekuatan perlindungan jaringan sekitar sehingga menyebabkan munculnya inflamasi hingga cairan disekitar saraf yang terjepit, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga munculnya jaringan parut. Munculnya jaringan parut selanjutnya menyebabkan gangguan fungsi hingga kelemahan saraf.

Konsultasi

logo klinik saraf kejepit

Kontak Kami

Jl. Warung Jati Barat No.34
Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran
Jakarta Selatan, 12740

085921277477 (CS Lamina Mampang)
081381847320 (CS Lamina Cibubur)
082213116661 (Dr. Mahdian Nur Nasution SpBS)


Facebook


Twitter


Google-plus


Instagram


Whatsapp